FUNGSI KARAKTERISTIK MEDIA PERS

 



Hallo teman teman ketemu lagi pada tulisan saya, kali ini saya akan membahas tentang Fungsi Karakteristik Media Pers yang saya pelajari dalam masa perkuliahan saya ditemani oleh Dosen saya Ibu Serepina Tiur Maida S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC. Sebagaimana yang kita tahu jika Pers mengandung dua arti : dalam arti sempit, pers merujuk pada media cetak seperti surat kabar, tabloid, dan majalah. Akan tetapi dalam arti luas pers memiliki arti sebagai media massa yang mencakup tiga hal, yang pertanya sebagai media cetak berkala, kedua media elektronik auditif radio dan terakhir media audio visual televisi dan media dalam jaringan (Online) internet

FUNGSI UTAMA MEDIA MASSA

Ada 5 fungsi utama media massa, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.       To Inform (Informasi)

Menyampaikan informasi secepatnya kepada masyarakat seluas – luasnya

2.       To Educate (Edukasi)

Apapun informasi yang disebarluaskan pers, hendaknya dalam kerangka mendidik (edukasi)

3.       To Influence (Koreksi)

Pers adalah pilar demokrasi keempat setelah legislatif, eksekutif, dan yudikatif dalam kerangka ini kehadiran pers dimaksudkan untuk mengawasi atau mengontrol kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif agar kekuasaan mereka tidak menjadi korup atau absolut

4.       To entertain (Rekreasi)

Pers harus mampu memerankan dirinya sebagai wahana rekreasi yang menyenangkan sekaligus yang menyehatkan bagi semua lapisan masyarakat

5.       To Mediate (Mediasi)

Bisa juga disebut sebagai fasilitator atau mediator

 

 

KARAKTERISTIK MEDIA PERS

Tidak hanya memiliki fungsi utama, Media pers juga memiliki karakteristik. Diantaranya sebagai berikut:

-          Priodesitas

Priodesitas memiliki arti pers harus terbit secara teratur, priodik, misalnya setiap hari seminggu sekali, dua minggu sekali, satu bulan sekali, atau tiga bulan sekali.

-          Publisitas

Publisitas berarti pers ditunjukan kepada khalayak secara umum yang sangat heterogeny

-          Aktualitas

Aktualisasi berarti informasi apapun yang disuguhkan media pers harus mengandung unsur kebaruan, merujuk pada peristiwa yang benar benar baru terjadi atau sedang terjadi. Secara jurnalistik aktualisasi mengandung tiga dimensi : Kalender, waktu, masalah

-          Universitas

Sajian pers terdiri atas aneka macam yang mencakup tiga kelompok besar, yakni kelompok berita (News), kelompok opini (Views), dan kelompok iklan.

-          Objektifitas

Objektivitas merupakan nilai etika dan moral yang harus dipegang teguh oleh surat kabar dalam menjalankan profesi jurnalistiknya

 

 

KLASIFIKASI KUALITAS PERS

Guys, kalian tahu gak si kalau menurut Djen Amar (1984:32), kualitas pers dapat diklasifikasikan kelompok lagi yaitu kelompok pers kuning (Yellow Newspaper) sehingga semuanya menjadi tiga kelompok yaitu :

1.       Pers berkualitas

2.       Pers Populer

3.       Pers Kuning

 

Kurang lebih itu informasi yang bisa saya sampaikan pada tulisan ini, kita akan bertemu kembali pada tulisan saya berikutnya. Terima kasih

Refrensi dari : Materi PPT_Fungsi Karakterisrik Media Massa Pers oleh Ibu Serepina Tiur Maida S.Sos., M.Pd., M.Ikom., C.AC., C.PS., C.STMI

Penulis : Prita Berlianasari

Dosen : Ibu Serepina Tiur Maida S.Sos., M.Pd., M.Ikom., C.AC., C.PS., C.STMI

Komentar

Postingan Populer